Berwirauahsa


Asiknya Berwirausaha

Berawal dari ibuku yang kebiasaannya menjahit bahan yang belum jadi.mungkin awalnya ibu diwaktu mudanya bekerja di salah satu pabrik konveksi dijakarta,walaupun upanya pada waktu itu tidak seberapa yang diterima oleh ibuku,namun ia tetap bersemangat dalam menjalani pekerjaannya tersebut.pabrik tersebut memang membuat dan memproduksi pakaian yang siap pakai.
Tetapi walaupun ibu berhenti dari pekerjaannya,ia tetap mengembangkan keahliannya dibidang menjahit pakaian2 yang siap pakai. pekerjaan ibu dalam menjahit hanya sebatas mengisi waktu2 luangnya saja disamping mengurusi anak2 dan suaminya.Namun lama- kelamaan usaha ibu mulai meningkat.
Ibu lebih yakin dengan membuka usaha sendiri, hidupnya akan lebih baik dari pada terus menerus bekerja menjadi pegawai. Dengan keyakinan dan keberanian akhirnya usahanya pun dimulai. Dari pengalaman bekerja di pabrik textil, ia ingin melanjutkan pekerjaannya menjadi pengusaha dibidang yang dulu penah dilaluinya yaitu jahit menjahit. Awalnya ia hanya memiliki 1 dan 2 penjahit. Penjahit itu hanya orang tetengga – tetangga rumah saja. Biasanya penjahit hanya menjahit tas-tas kecil atau kerudung. Lalu hasil jahitan itu biasa disetor ke toko-toko muslimah, termasuk toko yang dulu pernah menjadi tempat kerjanya. Lama-lama permintaan toko pun bertambah, bermacam-macam pula pesanan yang datang. Ibu dan karyawan pun kualahan. Akhirnya Ibu memutuskan untuk menambah karyawan. Sampai-sampai gaji yang di terima penjahitnya perorang bisa mencapai 200-400 ribu perminggu. Dari orderan yang datang mengalir sampai sekarang. Ia dapat memperkerjakan 5 orang. Selain itu ia mampu membeli beberapa mesin jahit, mesin obras dan mesin bordir. Pesanan yang datangpun mulai berkembang dan macam-macam bentuknya. Seperti contoh ada rukuh, tas, kerudung (dalam berbagai model), payetan kerudung, bahkan pesanan busana pun kadang datang.Namun banyak cobaan yang dihadapi ibu,berulang kali ibu tertipu.terkadang pesanan sangat sepi dengan jangka waktu yang cukup lama,tetapi ibu tetap bersemangat dengan bantuan support dariku,Ayahku,ataupun adik2ku yang selalu mendoakan kelancaran usaha ibu.Alhamdulillah dengan jangka waktu yang cukup lama usaha ibu lancar meskipun masih banyak kekurangan.
Kesimpulan yang bisa di ambil adalah rasa ketidak puasan yang dimiliki Ibuku menjadikan mempunyai keinginan untuk lebih menjadi orang yang sukses. Sikap yang berani mencoba tantangan dan sikap keyakinan membuat usahanya berjalan dengan mulus. Usaha yang keras, tidak bosan untuk mencoba hal-hal yang baru demi kesuksesan yang lebih.

Referensi : Hary S.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar